Allah Sumber Penghiburan


Pengiburan 1 (Duka Cita)
Teks Alkitab        : Mazmur  27 : 10
Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.
Isi
Tuhan senantiasa peduli kepada setiap orang yang mengalami duka cita karena kematian. Kematian adalah kemutlakan yang dimiliki oleh Tuhan, sedangkan rencana Tuhan adalah memelihara kehidupan manusia ciptaanNya. Jelas bila kematian terjadi pada orang percaya, Ia tidak akan menelantarkan orang yang ditinggal kematian. Kepercayaan bahwa Tuhan akan menjadi penopang kehidupan kita haruslah dipegang erat.
Penghiburan 2
Teks Alkitab        : Mazmur 23 : 4
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku
Isi
Sepeninggal yang dikasihi karena kematian seringkali membuat orang seperti kehilangan pegangan. Apa yang akan terjadi di masa mendatang menjadi pertanyaan mendasar. Kita tidak akan menjadi lemah, kita tidak akan dibiarkan jatuh. Bahkan perlindungan yang diberikannya jauh melebihi apa yang mampu diberikan orang yang kita kasihi. Ingatlah ada Tuhan yang berjanji melindungi dan mengibur.
Penghiburan 3
Teks Alkitab        : Mazmur 55 : 23
Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah
Isi
Seharusnya kehilangan tumpuan hidup secara dunia tidak akan menjadikan orang percaya kuatir akan apa yg bakal terjadi. Kekuatan manusia hanya sementara saja mampu memberikan jaminan, kekuatan Tuhan kekal untuk selamanya. Hampir kehilangan keseimbangan boleh saja terjadi, tapi jangan sampai terjatuh. Berserahlah kepada Tuhan yang mampu tolong orang yang percaya kepadaNya.
Penghiburan 4
Teks Alkitab        : Mazmur 68 : 6-7a
Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus; Allah memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara.
Isi
Dunia ini bukan milik manusia, dan manusia tidak akan pernah mampu untuk menguasai dunia ini. Kemampuan manusia terbatas sekalidan itupun hanya sebatas ia hidup di dunia. Selanjutnya ketika ia meninggal, ia tinggalkan semuanya. Yang mampu menjamin kehidupan manusia sampai kapanpun hanyalah Allah. Andalkanlah Dia.






Dalam Keadaan Sakit






Penghiburan 1
Teks Alkitab : Keluaran 3:7
Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka
Isi
Tidak enak menjadi orang yang sakit, itu kata orang. Oleh sebab itu semua ingin sehat. Tapi bila sakit, alangkah baiknya bila iman kita tidak ikut sakit. Tetap percaya bahwa ada Tuhan yg memperhatikan kita. Dan ketika kita berdoa dengan sungguh agar Ia angkat penyakit kita, Ia akan lakukan itu untuk kita.
Penghiburan 2
Teks Alkitab        : Keluaran 23 : 25
Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu
Isi
Banyak orang sakit yang menginginkan kesembuhan dengan hanya mengandalkan kekuatan duniawi, seperti obat-obatan tapi tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Tapi kita harus sadar bahwa makanan dan minuman sangat berarti untuk kesembuhan, Ia akan memberkati makanan dan minuman sebagai sarana berkatnya bagi kesembuhan.
Penghiburan 3
Teks Alkitab        : Ulangan 7 : 15
TUHAN akan menjauhkan segala penyakit dari padamu, dan tidak ada satu dari wabah celaka yang kaukenal di Mesir itu akan ditimpakan-Nya kepadamu, tetapi Ia akan mendatangkannya kepada semua orang yang membenci engkau.
Isi
Ada yang beranggapan bahwa Tuhan lama sekali melakukan kuasanya untuk menyembuhkan kita. Bahkan mungkin beranggapan Tuhan tidak punya kuasa menyembuhkan. Ini salah. Kita harus sabar menunggu karya penyembuhan Tuhan. Ketika kita sakit itulah Ia sedang menunjukkan karya kesembuhan itu.
Penghiburan 4
Teks Alkitab : 2 Raja-Raja 8 : 14
Lalu ia pergi dan meninggalkan Elisa dan setelah ia sampai kepada tuannya, berkatalah raja kepadanya: "Apakah dikatakan Elisa kepadamu?" Jawabnya: "Ia berkata kepadaku, bahwa pastilah engkau sembuh."
Isi
Ketika kita sakit tentu kita ingin cepat sembuh. Namun kesembuhan itu sering kali terlalu lama datangnya, itu menurut perasaan kita. Bahkan bisa juga kita ragu dengan apa yang sudah kita lakukan, apakah itu menyembuhkan? Selayaknyalah kita percaya bahwa dari apa yang kita lakukan bila dilandaskan dengan rasa percaya : dari sana juga Tuhan akan memberkati.
Penghiburan 5
Teks Alkitab : Masmur 6 : 3
Kasihanilah aku, TUHAN, sebab aku merana; sembuhkanlah aku, TUHAN, sebab tulang-tulangku gemetar
Isi
Kesedihan bisa saja tumbuh seiring penyakit yang kita derita (yang bagi kita sudah cukup lama dan berat) tidak sembuh-sembuh. Segala upaya medis mungkin juga sudah kita lakukan. Kita hamper putus asa. Tapi cukup sampai kata “hampir” itu. Masih ada satu Tabib; “tabib di atas segala tabib”, Ia masih dapat menyembuhkan penyakit kita. Berserulah kepadaNya, mintalah belaskasihanNya.
Penghiburan 6
Teks Alkitab        : Mazmur 18 : 31
Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.
Isi
Ketika engkau sedang sakit, apa yang engkau minta pada Tuhan. Pasti kesembuhan. Tapi terkadang ada keraguan atas permintaan kita itu. Perlu diingat : Tuhan tidak akan melupakan janjiNya, tapi apakah ketika kita minta pada Tuhan kita percaya pada janji kesembuhan yang diberikanNya kepada kita. Ini yang senantiasa kita perlukan : Kita harus percaya janjiNya, berlindunglah pada kepak sayapNya.
Penghiburan 7
Teks Alkitab        : Mazmur 41 : 4
 TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.
Isi
Pada waktu sakit kita biasanya hanya melakukan satu aktifitas yaitu terbaring di atas pembaringan kita. Dan itu terkadang sangat membosankan. Sepertinya tidak ada yang dapat kita lakukan, kita tersandera tempat tidur. Tapi Tuhan mengatakan bahwa tempat itulah tempat dimana Ia akan memperlihatkan karya kesembuhanNya. Nikmatilah berbaring di tempat tidur itu, karena tempat itu adalah tempat berkat.
Penghiburan 8
Teks Alkitab        : Mazmur 69 :30
Tetapi aku ini tertindas dan kesakitan, keselamatan dari pada-Mu, ya Allah, kiranya melindungi aku!
Isi
Pada saat menanggung rasa sakit kita sering kali berteriak. Seolah-olah dengan teriakan itu ada sebahagian dari rasa sakit itu terangkat bersama teriakan kita. Salahkah bila kita berteriak, ternyata tidak; tetapi teriakan kita itu jelas tujuannya. Dan yang diinginkan oleh Tuhan adalah bila kita merasa sakit yang teramat sangat, berteriaklah padaNya, Ia yang akan mengangkat penyakit yang sangat mendera kita. Bahkan Ia yang akan menyembuhkan.
Penghiburan 9
Teks Alkitab        : Mazmur 103 : 3
Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu.
Isi
Bisa saja penyakit datang menghampiri kita, dan kita tahu itu akibat dari kesalahan kita. Kita tidak mengasihi tubuh pemberian Tuhan. Kita menyia-nyiakan penyertaanNya. Dan bisa saja kita takut dan menjadi ragu untuk memohon pada Tuhan agar berkarya menyembuhkan penyakit kita. Tidak perlu ragu, mintalah pengampunan kepada Tuhan dan yakinkan bahwa Tuhan juga menyembuhkan kita. Namun janganlah mengulang kesalahan yang sama.
Penghiburan 10
Teks Alkitab : Yesaya 53:5
Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
Isi
Bila dalam kebersalahan kita disana juga Tuhan tetap mau peduli dengan kita, apalagi bila kita dalam keadaan sakit yang bukan karena kesengajaan kita. Ini merupakan sukacita bagi yang menderita sakit, karena lawatan Tuhan akan menjadikan kita sembuh dan sebelumnya rasa sakit kita juga akan dtanggungkanNya
Penghiburan 11
Teks Alkitab : Yesaya 66 : 13
Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah Aku ini akan menghibur kamu; kamu akan dihibur di Yerusalem.
Isi
Tidak ada orang Kristen yang ditinggalkan dalam menghadapi kesukaran dan penderitaan. Tuhan berkata pada Israel, Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah Aku ini akan menghibur kamu. Kita selalu diingatkan akan kasih Tuhan dan belas kasihNya pada kehidupan kita, khususnya penyakit kita. Ketika kita measakan kesakitan, Tuhan siap untuk beri penguatan dan penghiburan agar kita mampu hadapi.
Penghiburan 12
Teks Alkitab : Yeremia 10 : 19
Celakalah aku karena penyakitku, lukaku tidak tersembuhkan! Aku berpikir: "Ah, inilah suatu kepedihan yang harus kutanggung!"
Isi
Ada kalanya sesorang yang sedang menderita suatu penyakit yang cukup berat akan memvonis dirinya seolah-olah tidak ada lagi kesempatan untuk sembuh. Ini tidak benar, walaupun penyakit itu cukup berat tapi selagi kita tetap berusaha dan jadikan iman menjadi pendorong semangat untuk sembuh maka kesempatan itu tetap ada dan bahkan sangat terbuka. Sebab tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.
Penghiburan 13
Teks Alkitab : Yeremia 17:14
Sembuhkanlah aku, ya TUHAN, maka aku akan sembuh; selamatkanlah aku, maka aku akan selamat, sebab Engkaulah kepujianku.
Isi
Penyerahan diri secara total pada pengharapan akan apa yang hendak dilakukan Tuhan adalah sebuah perjuangan yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang yang mau agar Tuhan menyembuhkannya. Sebab sering kali keraguan akan kuasa Tuhan menjadikan kita ragu juga pada hasil yang akan kita harapkan. Buang rasa ragu, percaya bahwa tidak ada yang tidak dapat Tuhan lakukan untuk sembuhkan penyakit kita.
Penghiburan 14
Teks Alkitab        : Yeremia 30 : 17
 Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorang pun menanyakannya
Isi
Bisa saja ketika kita sakit ada perasaan yang muncul kalau kita sudah tidak lagi diperhatikan; tdk lagi diperdulikan dan bahkan dibenci. Timbul rasa putus asa. Oleh sebab itu singkirkan pikiran itu, jadikan Tuhan sebagai pusat pengharapan yang akan menyembuhkan kita dan juga peduli akan kehidupan kita.
Penghiburan 15
Teks Alkitab : Maleakhi 4:2.
Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.
Isi
Pengharapan memang merupakan kunci dari kenyataan yang akan Tuhan berikan bagi umatNya. Bagi orang yang menjadikan Tuhan sebagai sumber pengharapannya akan mengubah pikir bahwa tidak ada penyakit yg kekal berkuasa di tubuhnya. Karena Tuhanlah yg lebih berkuasa atas tubuhnya dan tepat waktunya Dia akan enyahkan sakit penyakit.
Penghiburan 16
Teks Alkitab : Matius 3 : 10
Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
Isi
Tubuh kita ibarat pohon yang baik yg Tuhan sudah berikan bagi kita, dan bila ada sesuatu yang tidak baik terjadi pada tubuh kita, maka Tuhan tidak akan biarkan itu terjadi. Demikian halnya dengan penyakit : Tuhan akan memotong penyakit itu dari tubuh kita agar pada saatnya kita dengan kesembuhan yang kita dapatkan dapat menjadi saksi tentang kebaikan Tuhan terhadap tubuh kita. Disanalah kita sudah berbuah yang baik.
Penghiburan 17
Teks Alkitab        : Matius 4 :23
Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.
Isi
Jangan pernah berpikir kalau Tuhan tidak mengetahui penyakit yang sedang kita derita. Ia mengetahui apa yang terjadi. Yang diharapkanNya adalah sikap kita untuk percaya bahwa Dia tahu situasi kita. Kita percaya bahwa ketika kita minta Dia sembuhkan, maka Dia akan sembuhkan penyakit kita. Sakit akan dilenyapkan, tenaga akan dipulihkan.
Penghiburan 18
Teks Alkitab :Matius 4:24  
Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka
Isi
Kitalah yang mengatakan bahwa penyakit itu punya pembagian; ada penyakit ringan, dan ada penyakit berat. Semua itu tidak berlaku bagi Tuhan. Bagi Tuhan, ketika Ia melakukan penyembuhan, Ia tidak melihat apa jenis penyakitnya, tapi Ia melihat bagaimana orang itu dengan dasar  imannya mau disembuhkan.
Penghiburan 19
Teks Alkitab : Matius 7 : 8,
Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan
Isi
Tidak ada yang akan meminta agar Tuhan memberikan harta pada saat sakit, atau meminta hal lain pada waktu sakit kecuali kesembuhan. Kita memang membutuhkannya mungkin untuk pembiayaan pengobatan. Namun yang utama adalah kesembuhan. Oleh sebab itu mintalah dengan kesungguhan agar Tuhan berikan kesembuhan, percaya bahwa Dia akan memberikan apa yang kita minta kepadaNya.
Penghiburan 20
Teks Alkitab : Matius 8 : 13
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.
Isi
Setiap permintaan akan kesembuhan pasti berujung pada keinginan untuk terlaksana. Namun Tuhan ingin melihat sebuah kerendahan hati dari hambaNya ketika meminta kepadaNya. Sama seperti seorang perwira yang hambanya sedang sakit. Dia percaya bahwa Tuhan bisa sembuhkan penyakit hambanya. Untuk itu kita harus benar-benar meletakkan iman percaya kita bahwa Tuhan dari Surga tetap melihat dan peduli.
Penghiburan 21
Teks Alkitab        : Matius 8 : 17
Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita
Isi
Pada saat sakit pasti kerap muncul perasaan bahwa sangat berat untuk menanggungnya. Kita merasa nggak punya kekuatan, segalanya lenyap ditelan penyakit yang kita derita. Bila kita percaya, Tuhan ikut menanggung rasa sakit kita, Dia ingin kita kuat dan tegar, Sifat lemah akan menjadikan penyakit semakin berkuasa; lawanlah kelemahan itu dengan semangat berserah dan keinginan untuk sembuh.
Penghiburan 22
Teks Alkitab : Matius 9:6b
"Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
Isi
Suatu penyakit bila telah lama bersarang dalam tubuh kita pasti akan sangat mengganggu dan bahkan bisa sangat menyiksa kita. Bukan hanya kita tapi juga orang-orang yang ada di sekitar kita. Tapi kita harus percaya ketika Tuhan katakan “sembuhlah”; tidak ada satu penyakit walau seberat apapun yang tidak tunduk pada perintah itu. Oleh sebab itu senantisa nantikan Tuhan melakukan terhadap penyakit yang ada di dalam tubuh kita.
Penghiburan 23
Teks Alkitab : Matius 9 : 12
Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.
Isi
Kita memang akan senantiasa mencari orang yang tepat yang dapat memberikan pengobatan yang terbaik bagi penyakit yang sedang kita derita. Dan ini juga merupakan hal yang sepatutnya kita lakukan. Hanya ketika kita melakukan itu tetap kita perlu sadari bahwa ada yang lebih penting lagi untuk kita perhatikan yakni dari sisi iman kita. Kita melakukannya dengan landasan bahwa Tuhanlah yang akan memberi hasil yang terbaik.
Penghiburan 24
Teks Alkitab :Matius 9:28
Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya.
Isi
Pertanyaan yang patut sekali kita pertanyakan pada diri kita ketika kita meminta agar Tuhan menyembuhkan penyakit yang sedang kita derita. Dan seharusnya jawaban kita juga seharusnya sama dengan orang buta itu yang tanpa ragu mengatakan “percaya”. Dan memang inilah kunci bagi pintu permohonan kita.
Penghiburan 25
Teks Alkitab : Matius 9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan
Isi
Merasakan kesendirian di waktu sakit adalah suatu perasaan yg kerap muncul. Apalagi di saat keluarga atau sanak family sedang sibuk beraktifitas. Pada saat itulah saat-saat yang sangat indah ketika kita bisa merasakan lawatan Yesus; tidak sekedar melihat keberadaan kita, tapi lebih dari itu Yesus juga akan menyembuhkan sakit penyakit kita.
Penghiburan 26
Teks Alkitab : Matius 17 : 18
Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itu pun sembuh seketika itu juga
Isi
Terkadang ada rasa putus asa melihat sakit yang tak kunjung sembuh walau segala upaya sudah kita lakukan. Bukan hanya dana tapi juga asa juga sepertinya sudah menipis. Di saat inilah kita perlu mengandalkan iman kita untuk lebih bekerja. Mintalah dengan sungguh supaya Tuhanlah yg empunya kehidupan kita untuk menyembuhkan.

Penghiburan 27
Teks Alkitab : Markus 1 : 40
Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku."
Isi
Bagaimanakah kita selama ini bila kita berdoa minta kesembuhan kepada Tuhan. Adakah kita berdoa memohon kesediaan Tuhan untuk melakukan kesembuhan pada kita. Tentu jawab kita : Ya. Memang itulah yang kita perlukan, dan bila kita percaya bahwa Tuhan mengasihi kita, maka tentu pula ia akan melakukannya bagi kita.
Penghiburan 28
Teks Alkitab        : Markus 5 : 34
Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!
Isi
Iman memang sesuatu yang sangat penting untuk menjadikan kita percaya bahwa sesuatu yang tidak menyenangkan bisa teratasi termasuk penyakit. Percaya bahwa dengan meletakkan iman dalam hati akan memompa semangat bahwa tidak ada satu penyakitpun yang tidak dapat disembuhkan oleh Tuhan. Tanggalkan segenap keraguan dan bentuk iman yang benar dalam kehidupan kita.
Penghiburan 29
Teks Alkitab        : Lukas 4 : 40
Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Ia pun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka.
Isi
Usaha untuk sembuh dari penyakit penting untuk dilakukan, termasuk membawanya ke dokter atau para medis yang dapat memberikan diagnosa, perawatan dan obat-obatan. Selain perlu sekali kita membawanya ke Tuhan yang dapat menyembuhkan segala penyakit, berkatNya pasti menyembuhkan.
Penghiburan 30
Teks Alkitab : Lukas 6 : 10
Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.
Isi
Ketika kita sakit memang bukan hanya bahagian yang sakit itu yang merasakan penderitaan, tapi seluruh bahagian tubuh akan ikut merasakannya. Namun katika kita mohon agar Tuhan menyembuhkan, maka mintalah kepadaNya agar apa yang menjadi sumber penyakit dan bahagian mana yang sakit; itulah yang kita minta kepada Tuhan ntuk disembuhkan. 
Penghiburan 31
Teks Alkitab        : Lukas 7 : 21
Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta.
Isi
Roh jahat yang sering berkuasa dalam diri kita saat sakit adalah ketidak percayaan bahwa kita dapat sembuh dari penyakit seberat apapun itu. Singkirkan roh jahat itu, celikkan mata iman kita untuk melihat ada kuasa yang mampu menyembuhkan segala penyakit. Mata iman percaya kita juga disembuhkan.
Penghiburan 32
Teks Alkitab : Lukas 13 : 12
Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."
Isi
Perkataan ketika Yesus melihat perempuan itu menjadi kata kunci bagi permohonan kita akan kesembuhan kepada Tuhan. Mengapa? Karena terkadang ketika kita sakit, mungkin kita merasa masih dapat menyembunyikan sesuatu dari hadapan Tuhan. Yang Tuhan inginkan : Perlihatkan diri di hadapanNya, minta supaya bila ada kesalahan yang menimbulkan penyakit kita, itu diampuni Tuhan dan penyakit disembuhkan.
Penghiburan 33
Teks Alkitab : Lukas 17 : 14
Lalu Ia memandang mereka dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam." Dan sementara mereka di tengah jalan mereka menjadi tahir.
Isi
Penyembuhan dari suatu penyakit membutuhkan proses. Kita harus melewatinya dengan melakukan pengobatan dan doa permohonan kepada Tuhan. Ketika kesembuhan itu telah diberikan kepada kita maka Tuhan juga mengharapkan agar apa yang kita peroleh tersebut dapat menjadi alat kesaksian bagi umatNya tentang kebaikan yang telah dilakukanNya.
Penghiburan 34
Teks Alkitab :Yohanes 9 : 7
"Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek
Isi
Ketika kita pergi berobat ke RS atau para medis; kita akan mendapat petunjuk dan obat untuk penyakit kita. Penting untuk mematuhi apa yang disarankan dengan pemahaman bahwa Tuhanlah yang memberi khikmad dan pengetahuan pada mereka bagi kesembuhan kita. Berdoalah agar apa yang disarankan dan diberikan kepada kita memanglah sesuai dengan kehendakNya.
Penghiburan 35
Teks Alkitab        : Yohanes 11 : 4
Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: "Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.
Isi
Berbagai penyakit sering membuat penderitanya sangat ketakutan, seperti kanker, tumor. Karena sering kali dikaitkan dengan kematian. Tuhan sendiri yang menyatakan bahwa kematian yang sebenarnya adalah ketika kita tidak percaya pada kuasa Tuhan yang mampu sembuhkan penyakit seperti itu. Muzijat Tuhan tidak akan terukur pikiran manusia.
Penghiburan 36
Teks Alkitab : Yohanes 15 : 7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya
Isi
Kita mengetahui secara pasti tentang kehidupan iman kita; bagaimana kedekatan kita dengan Tuhan. Bila memang kita merasa dekat dengan Tuhan tentu tidak ada keraguan bagi kita untuk meminta apa yang kita butuhkan; khususnya di kala kita sakit yakni kesembuhan. Dan wajib percaya bahwa kesembuhan itu akan kita dapatkan. Oleh sebab itu mintalah dengan mintalah dengan dasar iman yang kuat.
Penghiburan 37
Teks Alkitab : Kisah Para Rasul 3 : 6
Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!
Isi
Memang pada waktu sakit, hal utama yang kita minta dalam doa kita adalah kesembuhan. Hanya perlu kita sadari juga bahwa Tuhan akan melihat kesungguhan kita akan permintaan kita, dan yang terpenting adalah kita percaya bahwa penyembuhan adalah hal yang memang dapat Tuhan lakukan pada kita, dan itu pasti Dia lakukan bagi kita.
Penghiburan 38
Teks Alkitab : Kisah Para Rasul 3 : 16
Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus, maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.
Isi
Tuhan akan menyembuhkan umat yang percaya kepadaNya; ini bukan sekedar omong kosong bagi kita. Tapia pa yang dinyatakan oleh Alkitab juga menjadi kekuatan bagi kita karena di jamannya juga karya penyembuhan yang dilakukan Tuhan memiliki saksi hidup yang melihat bahwa kesembuhan itu nyata.
Penghiburan 39
Teks Alkitab : Kisah Para Rasul 5 : 16
Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.
Isi
Orang Kristen yang percaya kepada Tuhan harus lebih percaya bahwa dari sekian banyak penyakit yang ada di muka bumi, bila dibandingan dengan seberapa besar kasih Tuhan akan umatnya; maka yang harus ia percaya ialah lebih besar kasih Tuhan yang dapat mengalahkan segala macam penyakit yang ada di muka bumi ini.

Penghiburan 40
Teks Alkitab : Roma 8 : 26
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
Isi
Ada saja perasaan yang mungkin muncul bahwa doa atau permohonan kita tidaklah sempurna ketika memohon kesembuhan pada Tuhan. Namun bila dengan kesungguhan kita melakukannya, ada kuasa Roh yang menyempurnakan bahagian doa kita. Dialah yang akan menutup kekurangan kita.
Penghiburan 41
Teks Alkitab : Roma 15 : 13
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan
Isi
Percaya bahwa penyakit jasmani tidak akan mampu meruntuhkan iman kita untuk berharap akan kebaikan Tuhan; itu mutlak dibutuhkan apabila kita sakit. Suka cita karena percaya Tuhan akan tolong dan semangat untuk sembuh dapat mengalahkan penyakit yang sedang bersarang di tubuh kita.

Penghiburan 42
Teks Alkitab : 1 Kor 11: 27
Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan
Isi
Perkataan ini sering dipakai untuk kita masuk dalam Perjamuan Kudus; tapi mari kita telaah lebih jauh lagi bahwa tubuh yang Tuhan berikan kepada kita adalah tubuh yg seharusnya dijaga dengan baik. Berarti bila ada penyakit yang timbul karena kita tidak menjaga tubuh ini; perlu tindakan segera untuk menghindarkan diri dari tidak baik itu.

Penghiburan 43
Teks Alkitab : 1 Korintus 12 ; 9
Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan
Isi
Kita akan selalu membutuhkan teman dalam kehidupan kita, demikian juga ketika kita sakit. Sangat berguna untuk menghadirkan orang yang kita anggap punya iman yang baik untuk mendukung serta mendorong agar melalui iman yang kita miliki dapat mengingatkan dan menolong kita bahwa dengan berserah kepada Tuhan kita bisa mendapatkan kesembuhan dari Tuhan.
Penghiburan 44
Teks Alkitab : 2 Korintus 12 : 10
Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.
Isi
 Tidak seorangpun dalam hidupnya berkeinginan untuk sakit; apalagi meminta untuk sakit. Justru ketika kita sakit, kita masih dapat tunjukkan kemuliaan Tuhan dengan cara perlihatkan kesaksian bahwa Tuhan lebih mengasihi kita. Hindarkan setiap keluhan karena itu hanya akan menjadikan kita semakin lemah, dan akan kehilangan peluang untuk cepat sembuh.
Penghiburan 45
Teks Alkitab : Epesus 2 : 4
Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita
Isi
Melakukan kesembuhan bagi umatnya adalah bahagian kecil yang Tuhan lakukan. Masih banyak lagi yang dapat Tuhan lakukan bagi kita. Kita tidak pernah dapat memastikan apa yang bakal terjadi dalam kehidupan kita. Sebab itu percayalah bahwa bila Tuhan bisa beri lebih pada hidup kita, maka mustahil bila permohonan yang sederhana tentang sebuah kesembuhan tidak akan dikabulkanNya.
Penghiburan 46
Teks Alkitab : Filipi 2 : 13
Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya
Isi
Setiap hal yang berlaku dalam kehidupan kita; selalu dibutuhkan keyakinan bahwa Tuhan juga tahu itu. Berari bila kita sakit, Tuhan juga tahu itu, sehingga ketika kita minta dengan sungguh supaya Tuhan mengerjakan kesembuhan bagi kita, Ia akan lakukan itu demi kebaikanNya. Percaya bahwa melalui kesembuhan kita, Tuhan juga mau memperkenalkan kekuatan dan kebaikanNya.
Penghiburan 47
Teks Alkitab : Filipi 4 : 6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
Isi
Bisa jadi ada rencana Tuhan melalui penyakit yang sedang kita derita. Mungkin selama ini kita terlalu kuatir akan hidup kita sehingga tanpa kenal lelah kita coba kalahkan dunia. Tuhan juga bisa jadikan penyakit sebagai alat untuk kita bisa renungkan kembali apa rencana Tuhan untuk kehidupan kita.

Penghiburan 48
Teks Alkitab        : Ibrani 13 : 6
Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?
Isi
Alangkah berbahagianya bila ada keyakinan yang kuat ketika kita sakit ada rasa percaya bahwa penyakit tidak akan mampu mengalahkan keinginan kita untuk sembuh. Apalagi bila sumber kekuatan itu adalah Tuhan. Dan memang benar tidak ada yang perlu ditakutkan bila kita yakin bahwa Tuhan akan member kekuatan bagi yang menyerahkan kehidupannya kepadaNya.
Penghiburan 49
Teks Alkitab        : Yakobus 5 : 15
Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.
Isi
Banyak sekali doa yang diperdengarkan pada saat kita dikunjungi. Namun dari sekian banyak doa itu, bagaimana dengan sikap kita untuk menerimanya. Karena doa dari iman orang percaya sangatlah berkekuatan. Tapi penolakan pribadi aka nisi doa tersebut menjadikan tiada makna bagi si penerima doa. Bukalah hati, biarkan doa itu berkuasa.
Penghiburan 50
Teks Alkitab        : 1 Petrus 2:24
Ia sendiri telah memikul dosa kita dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh
Isi
Terkadang ketika sakit kita beranggapan tidak ada yang peduli dengan keadaan kita. Ini pemahaman yang salah. Biarpun manusia tidak peduli, tapi Yesus tidak pernah meninggalkan kita. Ia dengan janjiNya bahkan bersedia menanggungkan sakit kita. Jadi bila kita merasakan sakit, undang Yesus untuk membantu kita menanggungkan rasa sakit itu.

Menghadapi Tantangan Hidup
Atau Pencobaan






Penghiburan 1
Teks Alkitab : Yosua 7 : 7
Dan berkatalah Yosua: "Ah, Tuhanku ALLAH, mengapa Engkau menyuruh bangsa ini menyeberangi sungai Yordan? supaya kami diserahkan kepada orang Amori untuk dibinasakan? Lebih baik kalau kami putuskan tadinya untuk tinggal di seberang sungai Yordan itu!
Isi
Seringkali kita merasa bahwa sesuatu yang terjadi pada kehidupan kita tidak layak untuk kita terima, tanpa mau berpikir apa yang ada di belakang itu. Bisa jadi yang terjadi itu merupakan proses pendewasaan yang Tuhan berikan kepada kita
Penghiburan 2
Teks Alkitab : 1 Samuel 20 : 9
Tetapi jawab Yonatan: "Jauhlah yang demikian itu! Sebab jika kuketahui dengan pasti, bahwa ayahku telah mengambil keputusan untuk mendatangkan celaka kepadamu, masakan aku tidak memberitahukannya kepadamu?"
Isi
Ketika ada masalah yang menghadang kita, bisa saja kita merasa tidak aka nada yang peduli. Perasaan ini tidak perlu dibesar-besarkan karena Tuhan akan mengiriman orang yang mau peduli dengan masalah kita. Bukan hanya itu dengan apa yang dimilikinya, ia juga akan member bantuan kepada kita.
Penghiburan 3
Teks Alkitab : 2 Samuel 16 : 17
Berkatalah Absalom kepada Husai: "Inikah kesetiaanmu kepada sahabatmu? Mengapa engkau tidak pergi menyertai sahabatmu itu?"
Isi
Bagaimana rasanya bila dikala kita merasa punya teman tapi justru teman kita tersebut yang meninggalkan dan bahkan menghianati kita. Tentu sangat menyakitkan. Ini merupakan tantangan kehidupan yang cukup berat. Namun  apakah kita harus bersedih dengan situasi ini. Tidak perlu jatuh akibat masalah ini, tapi percayalah bila kebenaran ada pada kita tentu Tuhan yang setia menemani kita.
Penghiburan 4
Teks Alkitab : 2 Tawarikh 20 : 3
Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.
Isi
Di kala kita menghadapi suatu persoalan besar, kita juga sering mencoba untuk membandingkannya dengan “kekuatan” yang kita miliki. Apabila kita merasa kita tidak mampu menghadapi masalah itu maka yang datang adalah rasa takut. Bukankan Tuhan kita sanggup mengalahkan apa saja, bahkan kematian. Mengapa kita tidak mengarahkan hidup kita padaNya dan meletakkan pengharapan kekuatan kepadaNya?
Penghiburan 5
Teks Alkitab : Ayub 23 : 16
Allah telah membuat aku putus asa, Yang Mahakuasa telah membuat hatiku gemetar.
Isi
Benarkah Tuhan akan memberikan pencobaan yang sangat berat kepada umatNya? Benarkah Ia tidak peduli dengan beban yang kita pikul? Rasanya pengalaman Ayub sepertinya merupakan “batas akhir” ketahan manusia menghadapi permasalahan. Justru dengan pengalaman ini kita mendapat pelajaran berharga bahwa apa yang kita sangkakan tentang perbuatan Tuhan pada kita tidaklah benar. Ia tidak akan memberikan pencobaan dan menelantarkan kita.
Penghiburan 6
Teks Alkitab : Mazmur 30 : 10
"Apakah untungnya kalau darahku tertumpah, kalau aku turun ke dalam lobang kubur? Dapatkah debu bersyukur kepada-Mu dan memberitakan kesetiaan-Mu?
Isi
Ada kalanya kita merasa sudah berbuat banyak namun apa yang kita lakukan itu sepertinya tidak berarti. Bahkan segala sesuatu sepertinya sudah kita berikan untuk melakukan sesuatu yang kita anggap baik. Untuk itu tidak perlu berkecil hati, karena Allah yang setia tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk menyatakan kepeduliannya pada kita. 
Penghiburan 7
Teks Alkitab : Mazmur 37 : 40
TUHAN menolong mereka dan meluputkan mereka, Ia meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik dan menyelamatkan mereka, sebab mereka berlindung pada-Nya
Isi
Bilamana kita merasa ada yang hendak mencelakakan kita, ini sedikit banyak pasti mempengaruhi kehidupan kita. Kita bisa menjadi tidak nyaman untuk beraktifitas. Namun ketika kita palingkan wajah kita pada Tuhan, ada yang harus kita ingat yaitu Ia tidak akan membiarkan celaka menghampiri kita, apalagi membiarkan celaka membinasakan kita.
Penghiburan 8
Teks Alkitab : Mazmur 43 : 3
Suruhlah terang-Mu dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-Mu yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!
Isi
Ketika menghadapi persoalan hidup secara otomatis kita akan berupaya untuk mencari jalan keluar terhadap persoalan kita dengan harapan masalah kita bisa selesai. Tapi bisa jadi segala upaya yang kita lakukan tidak berhasil. Kita bahkan bisa merasa tidak punya jalan keluar lagi. Bersyukurlah bila ketika kita sadar masih ada Tuhan yang mau tolong, Ia memang tetap mau tolong kita keluar dari masalah kita.
Penghiburan 9
Teks Alkitab        :Mazmur 43 : 5
Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku.
Isi
Begitu banyak sisi dunia yang menjadikan kita menjadi manusia yang peragu, cemas, khawatir, dll. Ini semua gambaran dari penolakan akan penyertaan Tuhan dalam kehidupan. Kita menerima tapi tak sepenuhnya. Butuh perubahan dalam menerima Tuhan, jangan ada keraguan, totalitas kehidupan yang menerima kuasanya akan menyingkirkan ketakutan itu.
Penghiburan 10
Teks Alkitab        : Mazmur 46 : 2
 Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.
Isi
Orang takut perlu sosok yang dapat melindungi; karena orang takut identik dengan orang lemah. Kita katakana wajar itu sebagai manusia, tapi kepada siapa kita mencari perlindungan; ini yang kerap jadi masalah. Manusia sering kali berlindung pada manusia yang terbatas. Pada awalnya menjanjikan tapi bisa mengecewakan selanjutnya. Allah tidak pernah mengecewakan umatNya, berlindunglah padaNya.
Penghiburan 11
Teks Alkitab : Mazmur 54 : 6-7
Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku. Biarlah kejahatan itu berbalik kepada seteru-seteruku; binasakanlah mereka karena kesetiaan-Mu
Isi
Kita pasti pernah merasa dibohongi atau ditipu yang menyebabkan apa yang sedang kita kerjakan gagal atau merugi. Kita pasti merasa sangat kesal dan marah. Kita ingin balas dendam sebagai upaya untuk mengobati rasa sakit kita. Ini tidak benar. Biarkan Tuhan yang memberi balasan pada orang itu, sebaliknya memberikan berkat bagi kita.
Penghiburan 12
Teks Alkitab : Mazmur 69 : 21
Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, tetapi tidak kudapati
Isi
Adakalanya kita seperti mendapatkan celaan, cemoohan, ejekan, bahkan ada yang sangat merendahkan kita. Dan semua itu begitu membekas dalam ingatan kita, melemahkan, dan bahkan melumpuhkan semangat kita untuk keluar dari masalah kita. Ingat! Mengandalkan kekuatan dunia bisa kecewa, tapi mengandalkan Tuhan akan mendapat bahagia.
Penghiburan 13
Teks Alkitab : Mazmur 89 : 3
Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
Isi
Kesetiaan yang ditunjukkan oleh manusia belumlah dapat dikatakan akan bertahan selama-lamanya. Bisa saja ada perubahan yang terjadi, dan penyebabnya juga bermacam-macam. Mungkin saja karena keinginannya tidak terpenuhi, atau yang lainnya. Tapi Tuhan tidak akan pernah berubah, kesetiaanNya juga demikian walau kita sering berubah-ubah terhadapNya. Ini yang menjadikan kita seharusnya mengandalkan kesetiaan Tuhan untuk menyertai kita.
Penghiburan 14
Teks Alkitab : Mazmur 89 : 15
Keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Mu, kasih dan kesetiaan berjalan di depan-Mu.
Isi
Menghadapi sebuah konspirasi yang ingin menghancurkan kita memang tidaklah mudah. Sangat kecil kemungkinannya kita akan memenangkan “peperangan” ini. Kita bisa saja menjadi “korban” yang terpojokkan, bahkan tersingkirkan . hokum dunia juga kemungkinan berpihak kepada mereka. Tapi tidak demikian dengan hukum Tuhan. Hukumnya akan tetap dijatuhkan pada orang yang bersalah, dan keadilannya pada orang benar. Berserahlah pada keadilan Tuhan.
Penghiburan 15
Teks Alkitab : Mazmur 91 : 15
Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.
Isi
Luar biasa sekali janji Tuhan bagi kita di kala ada keinginan untuk menyerahkan permasalahan kita kepadaNya. Tidak sekedar membantu kita untuk menyelesaikan apa yang sedang kita hadapi, lebih dari itu ada janji untuk mengangkat kita dari keterpurukan kita. Ibarat kehidupan yang sudah hitam kelam digantikan menjadi putih cemerlang. Jadi janganlah pernah beranggapan kalau Tuhan nggak peduli.
Penghiburan 16
Teks Alkitab : Mazmur 100 : 5
Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.
Isi
Ada uang abang saying, tak ada uang abang melayang; pepatah yang menyatakan bila ada keinginan maka kita akan disenangi tapi bila kita tidak lagi punya apapun maka kita akan dijauhi. Menyakitkan ya bila kita menerima situasi ini. Kebaikan manusia sering tergantung pada apa yang dimilikinya, tapi kebaikan Tuhan hanya bergantung pada penyerahan kehidupan dari umatNya, apakah itu penyerahan hidup secara jasmani maupun rohani.
Penghiburan 17
Teks Alkitab : Mazmur 119 : 132
Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebagaimana sepatutnya terhadap orang-orang yang mencintai nama-Mu.
Isi
Ketika kita menghadapi tantangan hidup atau cobaan, kita pasti berharap agar ada orang-orang yang kita kasihi yang dapat menolong kita. Tapi terkadang mereka juga punya permasalahan sehingga apa yang kita harapkan tidak kita dapatkan. Di saat inilah kita dapat memalingkan hidup dan pengharapan kita pada Tuhan yang senantiasa memperhatikan kehidupan umatNya dan Ia juga tak pernah meninggalkan kita.
Penghiburan 18
Teks Alkitab : Mazmur 119 : 165
Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka.
Isi
Orang hidup pasti mengharapkan ketentraman, tapi kala datang tantangan hidup, ketentraman itu terusik. Bahkan ada yang ketika datang masalah dan dia tak sanggup menghadapinya, yang hadir bukannya rasa tentram tapi khawatir. Sangat tidak mengenakkan, namun apa yang harus kita lakukan? Tetap ada solusi, sebab FirmanNya senantiasa mampu memberikan ketenangan bagi setiap orang yang mencintainya.
Penghiburan 19
Teks Alkitab : Mazmur 145 : 18
TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.
Isi
Mengapa ada orang yang begitu lelah mencari pertolongan untuk mengatasi permasalahan dalam hidupnya, padahal pertolongan itu sangatlah dekat yaitu Tuhan. Ini menggambarkan kalau kita sering kali lebih mengandalkan kesetiaan duniawi ketimbang kesetiaan Tuhan dalam upaya menolong kita keluar dari masalah kita. Setialah pada pengharapan akan pertolongan dari Tuhan yang setia itu.
Penghiburan 20
Teks Alkitab        : Amsal  3 : 5
 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
Isi
Ketika kita sangat yakin akan apa yang kita pikirkan akan menjadi kenyataan, ternyata tidak,; biasanya ini sangat menyakitkan. Dan dampaknya kita bisa menjadi stress dan frustrasi. Namun perlu kita sadari bahwa segala kelebihan yang kita rasa kita miliki sebenarnya tidak ada apa-apanya di hadapanNya. Andalkan Dia, niscaya engkau tidak akan pernah kecewa, karena Ia akan menuntun kehidupanmu.
Penghiburan 21
Teks Alkitab : Amsal 10 : 12
Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.
Isi
Bila terlalu sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari seseorang, biasanya manusia akan berubah membenci orang yang memperlakukannya seperti itu. Dan bisa saja kebencian itu sangat mengganggu kita, membuat kita menjadi kehilangan keinginan untuk berbuat kebaikan pada orang lain. Ini terjadi karena kita sudah dibayang-bayangi rasa “takut” akan diperlakukan seperti sebelumnya. Tanamkan rasa kalau Tuhan akan mengubahkannya menjadi damai.
Penghiburan 22
Teks Alkitab : Amsal 10 : 15
Kota yang kuat bagi orang kaya ialah hartanya, tetapi yang menjadi kebinasaan bagi orang melarat ialah kemiskinan.
Isi
Seringkali masalah harta dunia membuat kita semakin tidak tentram hidup. Karena bagi kita harta merupakan tolak ukur dari sebuah arti kehidupan. Manusia menghabiskan waktu dalam hidupnya untuk mengejar harta itu. Dan ketika yang dikejarnya menjauh maka kerap manusia menjadi panik. Kaya dan miskin itu hanya pandangan dunia, tapi hidup bersama Tuhan adalah kekayaan yang tiada terhingga dan kekal.
Penghiburan 23
Teks Alkitab : Amsal 16 : 6
Dengan kasih dan kesetiaan, kesalahan diampuni, karena takut akan TUHAN orang menjauhi kejahatan.
Isi
Bila kita melakukan suatu kesalahahan seringkali berakibat kita dibayang-bayangi rasa takut, dan bisa menjadikan kita tidak percaya diri lagi. Namun berbuat kesalahan bukan merupakan akhir dari kebaikan, justru dengan kesalahan itu kita mengerti bagaimana memperbaiki diri. Sejauh kesalahan itu terjadi bukan karena kita kehendaki. Meninggalkan Tuhan saja diampuniNya bila kita sadar dan berbalik padaNya, demikian juga di dunia asal mau memperbaiki diri.
Penghiburan 24
Teks Alkitab : Amsal 19 : 22
Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.
Isi
Kebenaran tidak selalu berbuah kebaikan. Bila kita sudah berusaha dengan sebaik-baiknya untuk berbuat baik, bisa jadi ada yang berupaya untuk menjatuhkan kita, janganlah hal ini menjadikan kita menjadi orang yang putus asa. Atau untuk bisa bertahan akhirnya kita menjadi orang yang tidak setia pada kebenaran Tuhan. Jauh lebih baik setia pada Tuhan, karena kedamaian yang sejati itu hanya ada padaNya.
Penghiburan 25
 Teks Alkitab : Amsal 28 : 19
Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.
Isi
Perasaan tidak pernah puas sangat biasa dalam kehidupan manusia, dan seringkali juga perasaan ini sangat mengganggu. Ada juga yang kecewa karena ia merasa tidak sebanding antara pekerjaan dan upah yang diperolehnya. Bila perasaan ini dibesar-besarkan maka kita tidak akan pernah merasakan hidup senang dan bahagia. Untuk itu bersyukurlah dengan apa yang ada pada kita karena dari sanalah Tuhan memberkati.
Penghiburan 26
Teks Alkitab : Pengkhotbah 2 : 20
Dengan demikian aku mulai putus asa terhadap segala usaha yang kulakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
Isi
Mungkin saja dalam menjalani kehidupn ini, sudah begitu banyak yang kita lakukan untuk dapat “mempertahankan” hidup. Namun segala upaya itu nampaknya “gagal”. Atau apapun yang kita lakukan untuk “meningkatkan taraf kehidupan” tapi sepertinya semuanya hanya kesia-siaan. Ini tidaklah benar, sebab dalam kesetiaan ada kedewasaan, dalam kedewasaan ada ketabahan, dan dalam ketabahan ada kemenangan
Penghiburan 27
Teks Alkitab : Pengkhotbah 5 : 9
Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Inipun sia-sia.
Isi
Banyak orang yang tidak tenang hidupnya dikala ia mulai menghitung-hitung kebutuhan hidupnya. Mengapa, karena baginya jumlah uang yang dimilikinya tidak cukup untuk membiayai apa yang dinginkannya. Uang tidak akan pernah memberikan kebahagiaan hidup, tapi barang siapa yang mencintai harta surgawi maka kepadanya akan diberikan kepastian bahwa Tuhan akan mencukupi kebutuhan hidup anakNya.
Penghiburan 28
Teks Alkitab : Yesaya 41 : 10
Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
Isi
Bisa jadi di saat kita menghadapi suatu masalah timbul rasa takut, dan muncul kebimbangan sebab bisa saja masalah itu karena kita yang menyebabkannya. Namun bila kita mau berubah atau memperbaikinya maka Tuhan sendiri yang akan turun tangan membantu kita untuk menyelesaikan permasalahan kita.
Penghiburan 29
Teks Alkitab : Ratapan 3 : 22 – 23
Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!
Isi
Untuk apa mengandalkan pemberian dunia yang tidak bisa memberikan jaminan kehidupan yang kekal kepada kita. Walaupun kita juga tahu bahwa banyak juga yang lebih percaya pada jaminan duniawi. Nats ini menyadarkan kita bahwa jaminan Tuhan jauh lebih baik dan waktu yang dijanjikanNya juga jauh melebihi prakiraan usia kita. Lalu apakah kita masih meragukan penyertaan Tuhan. Jauh lebi besar, lebih baik Tuhan.
Penghiburan 30
Teks Alkitab : Hosea 11 : 8
Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.
Isi
Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat peduli kepada kita. Seperti rawatan seorang ibu kepada anakNya, demikian juga Tuhan memberikan rawatanNya kepada kita. Bukan kita yang mendekat kepadaNya, tapi Ia juga begitu rendah hatiNya mau masuk ke ruang hidup kita untuk mengeyangkan hidup kita.
Penghiburan 31
Teks Alkitab : Mihka 6 : 8
Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?
Isi
Kita bisa katakana pada Tuhan : Apa yang Tuhan tuntut dalam hidupku sudah aku lakukan, tapi apa perlakuan orang kepadaku? Aku ditindas, aku dihujat, dan bahkan Tuhanku tidak dianggap. Yang harus kita lakukan ialah senantiasa melakukan apa yang dituntutkan Tuhan. Kuasa Tuhan akan nyata melindungi kita dari kuasa kegelapan yang menekan kehidupan kita.
Penghiburan 32
Teks Alkitab : Maleaki 2 : 16
Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel--juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!
Isi
Bila muncul masalah ynag kita anggap berat dalam kehidupan berkeluarga maka salah satu solusi yang paling ampuh adalah “cerai”. Ini tidak benar, sebab Tuhan tidak menginginkan perceraian, justru peran serta Tuhan sangatlah penting untuk kita saling menjaga diri agar keutuhan keluarga senantiasa dapat dipertahankan.
Penghiburan 33
Teks Alkitab : Matius 5 : 10
Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga
Isi
Iblis tidak akan suka dengan kebenaran yang kita sampaikan atau tunjukkan dalam kehidupan kita. Ia akan mempengaruhi orang lain untuk “mengganggu” kita. Bahkan akan banyak derita yang mungkin kita hadapi. Namun bertahanlah, karena orang yang mampu bertahan dari masalahnya kepadanya akan diberikan sesuatu yang luar biasa baiknya. Pada saat itu juga Tuhan senantiasa menguatkan kita.
Penghiburan 34
Teks Alkitab : Matius 6 : 13
Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.
Isi
Percayalah bahwa Tuhan tidak akan pernah membawa kita jatuh dalam masalah, tapi justru kita yang sering mengundang supaya masalah datang kepada kita. Namun apabila ada masalah datang yang walaupun bukan kita yang menyebabkannya, ada rasa percaya yang harus kita tanamkan bahwa Tuhan juga yang akan melepaskan kita bila ada yang berniat jahat pada kita.
Penghiburan 35
Teks Alkitab        : Matius 6 : 31
Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai
Isi
Manusia tidak akan pernah mampu menciptakan atau menjadikan manusia. Kita ada di dunia ini karena Tuhan menghendaki kita ada. Tuhanlah yang Empunya kehidupan kita dan dunia ini. Ketika Ia menempatkan kita di dunia ini, Ia sudah mempersiapkan apa yang dapat memberikan kehidupan kepada kita. Jangan ragu dan senantiasa percaya bahwa Tuhan cukupi kehidupan kita.
Penghiburan 36
Teks Alkitab : Markus 10 : 11
Lalu kata-Nya kepada mereka: "Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya .
Isi
Ketika kita merasa tidak ada lagi kecocokan dengan pasangan hidup kita maka “cerai” menjadi alternatif keluar dari masalah keluarga. Dan pikiran yang ada adalah berusaha untuk mencari pengganti yang sesuai. Tapi sadarilah bahwa Tuhan menginginkan kebersamaan yang ada tidak pernah dipisahkan karena cerai sangatlah dibenci Tuhan, dan mencari pengganti adalah sebuah perzinahan; perzinahan adalah dosa.
Penghiburan 37
Teks Alkitab : Lukas 22 : 42
"Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."
Isi
Tuhan bisa melakukan apa saja untuk kita bisa lepas dari “cobaan” yang sedang menerpa kehidupan kita. Bisa saja dengan kuasaNya dihindarkanNya cobaan itu datang, tapi bukankan penting juga untuk kita agar dapat belajar lebih lagi tentang bagaimana bertahan dan mengalahkan cobaan itu dengan mengandalkan kekuatan dari Tuhan. Untuk itu jadikanlah cobaan itu sebagai jembatan kita untuk lebih dekat pada Tuhan.
Penghiburan 38
Teks Alkitab : Roma 3 : 3
Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?
Isi
Perkataan ini bisa kita jadikan sebagai kekuatan bagi kita untuk lebih percaya lagi pada kesetiaan Tuhan. Karena bisa saja ada hal yang tidak wajar dan tidak pantas kita terima sesuai dengan apa yang telah kita perbuat. Dunia memang bisa saja memutarbalikkan fakta yang seharusnya ada. Tapi apa yang sudah digariskan Tuhan kepada kita pasti akan berlaku, Ia yang akan memberikan jalan dan hasil yang lebih baik.
Penghiburan 39
Teks Alkitab : 1 Korintus 7 : 11
Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.
Isi
Tidak ada kata “cerai” dalam kehidupan berkeluarga, sejauh tetap diupayakannya mencari penyelesaian yang baik dalam menghadapi masalah dalam keluarga. Memang bisa saja ada pemikiran bahwa apa yang sedang terjadi sangatlah berat untuk ditanggungkan. Dan sepertinya sangat tidak mungkin untuk diperdamaikan. Tapi percayalah Tuhan lebih tahu apa yang dapat menyembuhkan dan menyelesaikannya.
Penghiburan 40
Teks Alkitab : 2 Korintus 4 : 8
Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa;
Isi
Pernyataan Paulus ini memperlihatkan suatu fakta bahwa bila ada kemauan untuk menerima dan bertahan terhadap tantangan, pasti tetap ada hal yang memampukan kita untuk lepas dari tantangan kita. Selain itu jangan pernah berucap “aku sudah habis”, itu tidak berlaku bagi anak Tuhan. Selama ada penyerahan diri akan tuntunanNya, ia pasti punya cara untuk lepaskan kita dari apapun yang menimpa kita; seberat apapun itu.
Penghiburan 41
Teks Alkitab : 2 Korintus 7 : 5
Bahkan ketika kami tiba di Makedonia, kami tidak beroleh ketenangan bagi tubuh kami. Di mana-mana kami mengalami kesusahan: dari luar pertengkaran dan dari dalam ketakutan.
Isi
Sangat tidak enak bila ada perasaan bahwa kehidupan kita dengan apa yang ada di sekitar kita tidak lagi memberikan rasa tenang. Apapun yang menyebabkan, perlu kita sadari, itu akan semakin menjauhkan kita dari keyakinan akan pencapaian suatu tujuan. Kalahkan perasaan itu, hadapi masalahmu, yakin akan hasil baik yang akan kita dapatkan.
Penghiburan 42
Teks Alkitab : 1 Timotius 4 : 12
Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
Isi
Pernahkah orang meremehkanmu, pernahkah engkau merasakan ketidakadilan. Lalu bagaimana reaksimu, jengkelkah, marahkah, putus asakah? Tetaplah menjadi yang terbaik yang engkau mampu lakukan, jangan pernah berpaling dari kebaikan Tuhan. Jauh lebih berharga di mata Tuhan dari pada di hadapan manusia.
Penghiburan 43
Teks Alkitab : 2 Timotius 2 : 22
Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.
Isi
Apa yang ditawarkan dunia memang seringkali menjadi masalah bagi manusia, sebab penawaran dunia banyak yang bertentangan dengan keinginan Tuhan. Kenikmatan-kenikmatan yang ditawarkannya seakan bisa menjadi obat bagi kepenatan menantang kerasnya arus kehidupan. Namun jauh lebih baik memilih hidup bersama dengan Tuhan yang sumber kehidupan sejati.
Penghiburan 44
Teks Alkitab : Titus 3 : 9
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh, persoalan silsilah, percekcokan dan pertengkaran mengenai hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia belaka
Isi
Ada kalanya kita akan bertemu dengan orang yang memang sengaja untuk tidak mau mengakui bahkan cenderung mempertahankan sesuatu yang bukanlah kebenaran. Dengan cara apapun dia akan usahakan untuk menunjukkan seolah-olah dia benar. Tuhan mengajar kita untuk jangan ambil pusing dengan hal itu, apalagi mengganggu hidup kita. Hindarkan saja.
Penghiburan 45
Teks Alkitab : Ibrani 2 : 18
Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.
Isi
Akan ada suatu suka cita bila kita yakin bahwa setiap kali ada pencobaan yang menghampiri kita sebenarnya sudah mendapat saringan dari Tuhan, sehingga setiap masalah itu menjadi suatu hal yang tidak lagi mebebankan kita. Bukan kita yang lebih dulu dicobai tapi Tuhan kita. Oleh sebab itu jika yang dicobai adalah kekuatan yang Maha Kuasa maka pencobaan itu sendiri yang akan kalah, dan kita yang dimenangkan.
Penghiburan 46
Teks Alkitab : Ibrani 12 : 3
Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.
Isi
Kita tahu bahwa Yesus tidak pantas menerima perlakuan yang membawa diriNya kepada kematian. Namun perjuanganNya mengingatkan kita untuk tetap berjalan pada kebenaran. Menjadi kuat dan tidak putus asa adalah karunia yang akan diberikan pada kita pabila Tuhan melihat kita tetap berusaha tanggung beban kita
Penghiburan 47
Teks Alkitab : Yakobus 1 : 12
Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
Isi
Bila kita sedang berada dalam keadaan “aman”, pasti akan ada yang tidak menyukai itu dan berusaha untuk menjatuhkan kita dengan berbagai cara. Mari kita terima ini sebagai bentuk ujian hidup yang tujuannya lebih menjadikan kita lebih dewasa lagi. Dan dengan kedewasaan kita, kita juga akan dapat berbagi dengan sesama kita bahwa kekuatan kita datang dari Tuhan.
Penghiburan 48
Teks Alkitab : Yakobus 4 : 1
Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?
Isi
 Keinginan yang terlalu besar bisa berakibat jatuhnya kita pada masalah yang bukan hanya menyangkut diri kita sendiri tapi juga orang lain. Dan bila ini sudah terjadi tentu akan menjadi masalah dalam kehidupan kita. Tuhan tidak menginginkan kita bermasalah dengan keinginan kita. Hawa nafsu yang berlebihan yang menjadi sumber masalah haruslah kita kalahkan dengan hidup seperti yang Tuhan inginkan.
Penghiburan 49
Teks Alkitab : 2 Petrus 3 : 9
Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat
Isi
Apabila Tuhan tidak lalai menepati janjiNya untuk menolong kita di kala ditimpa kesusahan, maka kita juga harus tahu kapan waktunya kita menyadari berlaku ceroboh akan mendatangkan masalah. Untuk itu segeralah berpaling kepada Tuhan yang senantiasa sabar menanti berpalingnya kita kembali kepadaNya.
Penghiburan 50
 Teks Alkitab : Wahyu 3 : 10
Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi
Isi
Apapun yang datang menghantam kita bukan hanya untuk kita pribadi, masih banyak saudara kita yang juga menghadapi hal yang sama bahkan lebih dari apa yang kita alami. Untuk itu jangan pernah beranggapan bahwa kita yang paling menderita. Ingat, bahwa ada yang melindungi kita secara luar biasa yaitu Tuhan.







Komentar